-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dibuat Mainan, Petasan Meledak Akibatkan Satu Santri Bantul Kritis

    19/06/24, 12:10 WIB Last Updated 2024-06-19T05:10:57Z

    Bantul, Kabar Jogja - Empat satri Ponpes Hamalatul Quran  Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Sanden, Bantul terluka usai bubuk mercon yang ditemukan dijalan meledak saat dibuat mainan, Selasa (18/6) malam.


    Satu santri berinisial DR (14) asal Riau harus dirujuk ke RSUP Dr.Sardjito karena alami luka parah.


    Dalam laporan yang dirilis Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Rabu (19/6), peristiwa mengenaskan itu terjadi pukul 16.45 WIB.


    "Tiga korban lainnya  inisial A, M, dan F yang mengalami luka ringan sudah diperbolehkan pulang,"  jelasnya.


    Peristiwa ini bermula pada Selasa sore, saat ada empat rekan para korban menemukan satu kardus berisikan satu petasan siap pakai 


    Mereka sebenarnya sudah menyimpan barang-barang tersebut di lemari kosong yang berada di samping pondok.


    "Petasan ini kemudian diambil oleh rekan lainnya dan didekatkan kepada empat korban yang saat itu tengah memasak mie instan," lanjutnya.


    Oleh korban DR, memainkan petasan dengan cara mengambil api dengan potongan kertas. Kemudian dengan tangan kanan bubuk petasannya dituangkan kearah api tersebut lalu terjadi ledakan.


    Keempat rekan para korban yang saat itu di dekat perapian, sempat menjauh saat DR bermain-main dengan api. Sedangkan keempat korban saat itu berdekatan dan tidak sempat menghindar.


    Setelah terjadi ledakan korban diamankan dan diberi pertolongan pertama di depan pondok. Mereka kemudian dibawa ke RSUD Saras Adyatma.


    "Korban DR dirujuk ke Dr.Sardjito karena alami luka pada pergelangan tangan dengan jari hancur, dan luka sobek pada area mata kanan," tutupnya.


    Sementara, usai mensterilkan lokasi, Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda DIY Kompol Suripto mengatakan lokasi sudah aman. 


    "Jenis bubuk mesiu yang meledak adalah low eksplosif," terangnya.


    Dari pemeriksaan, diketahui petasan yang meledak sudah tidak memiliki sumb. Pada saat mesiu dituangkan ke percikan api, maka terjadi ledakan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close