Jakarta – Grab meluncurkan sejumlah langkah pencegahan
dan dukungan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para mitranya. Upaya
ini sebagai bentuk komitmen Grab untuk terus melayani para pengguna sekaligus
melindungi kesejahteraan dan pendapatan mitra pengemudi dan mitra merchant
saat masa pendemi virus Corona Covid-19 ini.
Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan di
tengah pandemi COVID-19, layanan pesan-antar makanan telah menjadi kebutuhan
sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat. Untuk menjaga serta meningkatkan
kepercayaan pelanggan, penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang
lebih ketat memainkan peranan yang penting.
“Inilah mengapa Grab mengembangkan sejumlah pedoman,
perangkat, dan materi pelatihan baru yang dapat membantu
mitra merchant untuk mengimplementasikannya dengan mudah ke dalam
proses kerja harian mereka. Bersama-sama, kita dapat meningkatkan standar
keamanan pangan di Indonesia dan berkontribusi dalam upaya memerangi COVID-19,”
kata Neneng dalam keterangan tertulisnya Jumat 27 Maret 2020.
GrabFood bekerja sama dengan para
mitra merchant untuk meningkatkan standar prosedur penyiapan makanan
untuk memastikan keamanan dan kebersihan. Hal ini termasuk dengan
mengisi ‘Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood’, melakukan pemeriksaan suhu
tubuh secara rutin kepada semua orang yang memasuki area restoran, meningkatkan
frekuensi pembersihan area persiapan makanan dan lainnya.
Untuk memastikan kualitas dan keamanan makanan yang diantar
kepada pelanggan, mulai minggu ini, ‘Kartu Keterangan Pengiriman
GrabFood’ yang mencatat tanggal, waktu, nama, dan suhu tubuh karyawan yang
menyiapkan makanan akan diberlakukan bagi semua pesanan GrabFood. Kartu ini
diharapkan dapat memberi pelanggan pemahaman tentang bagaimana makanan mereka disiapkan
dan diantar.
Mitra merchant dianjurkan untuk
melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara rutin kepada pelanggan,
karyawan, dan mitra pengantaran sebelum diizinkan memasuki restoran. Jika salah
satu mitra pengantaran menunjukkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, demam, pilek,
dan batuk, mitra merchant dapat melaporkannya kepada tim layanan
pelanggan Grab dan mitra pengantaran pengganti akan ditugaskan untuk
mengirimkan pesanan tersebut.
GrabFood juga akan memberikan lebih dari 2.000
termometer tembak digital pada mitra merchant terpilih di
seluruh Indonesia.
Untuk melindungi kesehatan karyawan
mitra merchant dan mitra pengantaran kami, Grab mendorong
mitra merchant untuk menyediakan area pengambilan
khusus untuk pesanan online. Hal ini dapat mengurangi kontak langsung
antara mitra pengantaran, karyawan restoran, dan pelanggan. Mitra pengantaran
harus memperhatikan jarak setidaknya 2 meter saat mengantre di restoran.
Selain itu juga mitra merchant diwajibkan untuk
melakukan prosedur terkait kebersihan setiap saat. Area dapur dan benda-benda
yang paling sering disentuh seperti gagang pintu atau telepon harus dibersihkan
setiap 4 jam. Semua karyawan yang menangani makanan harus mengenakan masker,
sarung tangan, dan tutup kepala. Daging dan bahan mentah harus dijaga agar
tetap higienis. Semua pesanan makanan harus disegel dengan benar untuk
menghindari kontaminasi.
GrabFood juga membantu mitra merchant dengan skala
bisnis yang lebih kecil seperti UMKM di berbagai kota di Indonesia untuk
mengakses masker, sarung tangan dan penutup kepala dengan lebih mudah.
Neneng menyebut Grab juga memperkenalkan Pengantaran
Tanpa Kontak pada 16 Maret lalu untuk membatasi kontak antara pelanggan
dan mitra pengantaran untuk membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih
lanjut.
Semua mitra pengantaran juga disarankan untuk selalu mencuci
tangan dan membersihkan tas pengantaran mereka dengan desinfektan secara
teratur sebelum dan setelah mengantarkan pesanan. Grab Driver Center dan
GrabKitchen juga telah dilengkapi dengan area pengisian hand
sanitizer atau desinfektan sehingga mitra pengantaran dapat dengan
mudah mengaksesnya dan dapat mendesinfeksi tas pengantaran makanan mereka
secara teratur sepanjang hari.
Banyak restoran, terutama UMKM, yang harus mengubah cara
mereka beroperasi, dari mengurangi jam operasional, hingga tidak melayani
pelanggan untuk makan di tempat. Bisnis kuliner tengah menghadapi ancaman
turunnya angka penjualan yang dapat mempersulit mereka dalam memenuhi
pendapatan harian dan menggaji karyawan mereka, sehingga mereka sangat
membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.
Untuk para merchant ini,
GrabFood telah mengembangkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu
sebuah program yang berjalan selama tiga bulan untuk membantu mereka melalui
masa sulit ini dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood.
Program ini ditujukan untuk mendukung mereka dalam menghemat biaya dan
mendorong permintaan dari pelanggan.
Program ini mencakup sejumlah strategi untuk mendorong
permintaan dengan peningkatan visibilitas dalam aplikasi Grab, promosi khusus,
serta kategori khusus untuk restoran lokal dan merchant favorit
masyarakat. Program ini juga dapat membantu merchant menghemat biaya
melalui berbagai mekanisme termasuk program cashback bagi pembelian
beberapa kebutuhan pokok dan potongan harga untuk pembelian wadah makanan.
GrabFood juga telah berinvestasi besar dalam teknologi untuk mendukung
mitra merchant agar mereka dapat melakukan promosi secara langsung
dengan fleksibilitas penuh melalui aplikasi merchant mereka untuk
tetap melayani pelanggan di rumah dan menggratiskan biaya antar GrabFood untuk
pelanggan.
Untuk mitra pengemudi yang menjadi garda terdepan dan selalu
siap untuk melayani masyarakat selama masa menantang ini, Grab telah
mempersiapkan Paket Bantuan GrabCare yang terdiri dari bantuan
keuangan dan medis untuk para mitra pengemudi Grab. Bantuan ini diberikan
jika diantara mereka diharuskan melakukan karantina yang dimandatkan oleh
otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap
COVID-19.
Mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar juga akan menerima
bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta (untuk GrabBike) dan Rp3 Juta (untuk
GrabCar) apabila dinyatakan positif COVID-19 dan dimandatkan untuk
menjalani karantina.
Selain itu, mitra GrabCar dapat menggunakan asuransi
Mandiri In-Health mereka untuk klaim terkait COVID-19 seperti pemeriksaan
medis, konsultasi dokter, rontgen dada, tes darah secara berkala.
“Saat masyarakat Indonesia menjalani peran mereka dalam
memerangi pandemi dengan tetap berada di rumah, mitra pengemudi dan
mitra merchant kami menjadi garda terdepan dalam menjaga komunitas
agar tetap berjalan. Kami sangat tersentuh melihat mitra pengemudi,
mitra merchant, pelanggan, dan karyawan kami bersatu untuk mendukung
satu sama lain,” kata Neneng.
Pelanggan yang ingin memberikan apresiasi dan mengungkapkan
rasa terima kasih mereka kepada mitra pengantaran GrabFood dapat memberikan
bintang penilaian dan tip mulai dari 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, 30 ribu
hingga 50 ribu rupiah.(rls)