-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pelaku Dugaan Tipu-tipu Acara Jalan Sehat dan Sepeda Gembira di Jogja Menyerahkan Diri

    07/10/24, 14:17 WIB Last Updated 2024-10-07T07:17:47Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sujarwo menyatakan penyelenggara acara jalan sehat dan sepeda gembira pada Minggu (6/10) di Alun-alun Kidul sudah menyerahkan diri. Pelaku, WAH adalah PNS di kantor Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta.


    “Setelah penyelenggara tidak bisa dihubungi setelah batalnya acara kemarin. Beberapa orang Minggu siang melaporkan ke Satreskrim Polresta Yogyakarta,” katanya pada Senin (7/10).


    Atas dasar laporan ini, kepolisian melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa dan dimana WAH tinggal. Belum sempat ketemu, Akp Jarwo menyatakan tim sudah berusaha mencarinya, pelaku menyerahkan diri Minggu pukul 18.00 WIB dan saat ini dalam pemeriksaan.


    WAH sendiri adalah pria berusia 42 tahun yang sesuai KTP beralamatkan di Desa Donotirto, Turi, Sleman. Diketahui WAH adalah oknum PNS  Kemenkumham di Rupbasan Kelas 1 Kota Yogyakarta.


    AKP Sujarwo menegaskan acara jalan sehat dan sepeda gembira bertajuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-268 tidak ada hubungannya dengan Pemkot Yogyakarta.


    “Dari informasi yang masuk, penyelenggara acara sudah mengajukan pemberitahuan dan permohonan izin ke kepolisian sejak Juli lalu,” terangnya.


    Atas perbuatannya, pelaku WAH diancam pasal 372  KUHP tentang penggelapan atau 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara empat tahun.


    Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, AKP Probo Satrio membenarkan usai menyerahkan diri, WAH diperiksa intensif jajarannya untuk mengetahui motif di balik even tipu-tipu yang merugikan lebih dari seribu orang.


    “Acara yang diselenggarakan WAH tidak berhubungan dengan Pemkot Yogyakarta. Pelaku hanya meminta izin penggunaan logo HUT Kota Yogyakarta,” jelasnya.


    Minggu pagi, dunia sosial ramai batalnya acara jalan sehat dan sepeda gembira di Alun-alun Kidul.  Peserta membeli tiket seharga Rp25.000 dengan janji akan diadakan undian berhadiah.


    Di berbagai media sosial, Pemkot Yogyakarta menuliskan bantahan. Dituliskan ’Sehubungan dengan adanya informasi terkait acara Jalan Sehat, Senam, dan Sepeda Gembira, kami menegaskan bahwa Pemkot Yogyakarta tidak berafiliasi dengan kegiatan tersebut sehingga dampak yang mungkin timbul dari pelaksanaan kegiatan tersebut di luar tanggung jawab Pemkot Yogyakarta.


    Kami menghimbau masyarakat untuk selalu memeriksa keabsahan informasi melalui saluran resmi. Terima kasih’. (Set)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close