-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Memasuki Usia ke-38, UMBY Bakal Bangun Gedung Perkuliahan Terpadu

    01/10/24, 15:54 WIB Last Updated 2024-10-01T08:54:21Z

    Bantul, Kabar Jogja – Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Agus Slamet menyatakan kampusnya akan segera membangun gedung perkuliahan terpadu sembilan lantai di Kampus 2 Condong Catur. Langkah ini sebagai komitmen UMBY meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana akademik. 


    Keputusan pembangunan gedung baru ini disampaikan Rektor Agus saat tasyakuran Dies Natalis UMBY ke-38 yang diselenggarakan pada Selasa (1/10) di Kampus I Sedayu, Bantul. 


    “Persaingan yang ketat antar perguruan tinggi swasta (PTS) membutuhkan peningkatkan fasilitas dan sarana prasarana akademik agar bisa bersaing. Kita berkomitmen meningkatkan mutu layanan Tridharma Perguruan Tinggi, tidak saja dalam tataran nasional, tetapi juga di kancah regional dan internasional,” kata Rektor Agus Slamet. 


    UMBY tengah mengurus proses perijinan IMB pembangunan gedung berlantai sembilan di Kampus II Condong Catur. Nantinya gedung ini akan menjadi gedung terpadu untuk berbagai fakultas. Harapannya, dengan adanya gedung baru ini, Kampus UMBY 2 akan menjadi pusat akademik.


    Dari sisi tenaga pendidik, UMBY dalam dua tahun kedepan akan memiliki kurang lebih 31 dosen bergelar doktor. Saat ini ke-32 dosen ini tengah menempuh pendidikan di luar dan dalam negeri. Sebelumnya dua dosen bergelar S3 dari rahim UMBY sudah ada dua orang. 


    “Dengan harapan tiga tahun ke depan jumlah dosen UMBY yang berpendidikan S3 lebih dari 60 persen dan penambahan jumlah Profesor di tahun depan,” lanjutnya. 


    UMBY berdasarkan www.4icu.org pada urutan 12 se-PTN dan PTS di DIY urutan ke 8. Sedangkan penilaian Webometric (www.webometrics.info) pada urutan 162 tingkat nasional dari PTN dan PTS di Indonesia yang jumlahnya 4.523.


    Dilaporkan Rektor Agus, jumlah mahasiswa baru pada tahun akademik 2024/2025 sebanyak 1.688 mahasiswa. Jumlah total mahasiswa (student body) UMBY saat ini adalah 10.411 mahasiswa.


    Di tahun ini, terdapat 14 penelitian dan 7 Pengabdian kepada Masyarakat dan Dana Padanan yang mendapat hibah dari Kemendikbud Ristek dengan total pembiayaan sebesar Rp1,8 miliar. Selain dana dari eksternal, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai dari UMBY sebesar Rp2,6 miliar. 


    Wakil Ketua Yayasan Wangsa Manggala, Aryo Winoto berterima kasih rektor dan jajarannya yang telah membuktikan komitmennya menjadikan UMBY untuk terus bertumbuh menjadi perguruan tinggi maju dan berkontribusi. 


    “Hasil ini merupakan realisasi visi dari pendiri UMBY, HR Probosutedjo yaitu angudi mulyaning bangsa,” terangnya.


    Dies ke -38, menurut Aryo,  menunjukan usia yang harus dibarengi dengan kedewasaan, artinya dibarengi dengan kematangan dalam berpikir, matang dalam memandang sesuatu dan bertindak. Menghargai suatu pendapat serta berterima kasih terhadap saran yang diberikan dari pihak manapun.


    Usai pelaksanaan tasyakuran, yayasan dan rektorat meluncurkan dua bus UMBY yang sebagai satu fasilitas yang bisa digunakan mahasiswa maupun dosen-dosen untuk melakukan kunjungan dan kegiatan di luar kampus. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close