-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kampung-kampung Kota Yogyakarta Sebagai Pusat Pembangunan

    18/10/24, 19:22 WIB Last Updated 2024-10-18T12:22:18Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – 169 kampung di Kota Yogyakarta bakal menjadi pusat berbagai program pembangunan indek manusia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berbagai program akan digagas mulai dari kesehatan, pendidikan hingga pelibatan perusahaan.


    Program menjadikan kampung sebagai pusat pembangunan ini diusung pasangan calon Walikota-Wakil Walikota, Hasto Wardoyo-Wawan Hermawan. Pasangan nomor urut dua ini memaparkan program kerjanya saat bertemu wartawan, Jumat (18/10).


    “Kami melihat di Kota Yogyakarta, salah satu program terpenting yang harus kami wujudkan yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM)-nya. Kualitas SDM ini menjadi pilihan, sebab tak ada sumber daya alam yang bisa terkelola,” kata Hasto.


    Dikatakan untuk pemberdayaan 169 kampung di Kota Yogyakarta, Hasto-Wawan jika terpilih pada 27 November nanti akan melaksanakan program ‘Satu Kampung, Satu Bidan’, ‘Satu Kampung, Satu Universitas’, dan ‘Satu Kampung, Satu Perusahaan’.


    Di program pertama, Hasto yang sebelumnya menjabat Kepala BKKBN, menyebut penanganan kesehatan bayi sejak di dalam rahim hingga dilahirkan sangatlah penting. Keberadaan bidan sebagai pendampingan dinilai sangat krusial dalam tumbuh kembang anak dan penanganan stunting.


    Kemudian di program ‘Satu Kampung, Satu Universitas’, dengan jumlah 51 perguruan tinggi yang ada di Kota Yogyakarta dengan seribu lebih program studi. Hasto kedepan menginginkan nantinya satu kampung akan didampingi satu perguruan tinggi yang sesuai dengan tema pembangunan yang diusung.


    “Saya juga  memohon nantinya setiap prodi menyediakan satu kursi untuk setiap anak berprestasi. Perguruan tinggi seharusnya mengerti, banyak anak-anak prestasi di Kota Yogyakarta tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan. Ini harus dipikirkan bersama,” ujar Hasto.


    Sedangkan pada program ‘Satu Kampung, Satu Perusahaan’, Hasto berharap perusahaan berkenan membantu perkembangan kampung-kampung agar memiliki peluang mensejahterakan warganya.


    Sedangkan Wawan menyatakan melalui visi misi ‘Hasta Jogja Mulia’ yaitu komitmen membangun masyarakat adil makmur, lestari dan berkeadaban melalui delapan program strategis.


    “Program strategis Hasta Jogja Mulia adalah elaborasi dari enam misi yaitu pertama meningkatkan pembangunan manusia yang produktif, berkualitas dan berkepribadian,” ucapnya.


    Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto menyatakan Hasto-Wawan berharap pertemuan dengan awak media nantinya memiliki gagasan dan masukan yang penting untuk mengurai berbagai problema dan mendapatkan solusinya. (Set)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close