-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gilangharjo Ajak Komunitas Bersepeda Giatkan Ekonomi Desa

    06/10/24, 11:49 WIB Last Updated 2024-10-06T04:49:54Z

    Bantul, Kabar Jogja - Di hari ulang tahunnya ke-78, Pemerintah Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul mengajak berbagai komunitas bersepeda menghidupkan ekonomi desa. Minggu (6/10), Pemdes mengajak ribuan anggota Komunitas Onthelia Djadoel Jogjakarta (Kodja) bersepeda bareng.


    Berpusat di lapangan Jodog, ribuan pesepeda sejak pagi hari sudah berkumpul yang kemudian diajak berkeliling Desa Gilangharjo dengan waktu tempuh sekitar satu jam.


    Lurah Gilangharjo, Pardiyono menyatakan kegiatan bersepeda bersama ini merupakan pembuka berbagai kegiatan di HUT ke-78 desanya yang diperingati setiap Oktober.


    "Tahun ini kita mengambil tema 'Memetri Budaya Amrih Kuncaraning Praja'. Bersepeda onthel kuno seirama dengan tema yang diusung," katanya.


    Dimana sepeda, onthel dulu di masa jaya pernah menjadi penopang perekonomian dan menjadikan Kota Yogyakarta dikenal sebagai Kota Sepeda. Kenangan itulah yang lewat tema ini dicoba untuk dihidupkan kembali.


    Pardiyono mengaku kehadiran ribuan pesepeda ini memberikan keuntungan besar karena diberi kesempatan untuk mengenalkan berbagai potensi desa. 


    "Bersepeda selain untuk kesehatan, kedepan juga kami nilai mampu menghadirkan peningkatan ekonomi masyarakat," tuturnya.


    Selama Oktober ini, Pemdes bakal menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat Gilangharjo untuk berperan aktif dalam pembangunan fisik maupun non fisik. 


    Beberapa kegiatan itu seperti kontes domba, turnamen voli, peluncuran produk gamelan, pamean dan bursa keris, pentas seni budaya, senam massal, dan terakhir adalah pementasan ketoprak.


    Ketua kegiatan bersepeda bareng, Juli Riyadi menyatakan acara ini terwujud karena adanya kolaborasi antara Pemdes dan komunitas, khususnya Kodja.


    "Semoga sinergi antara Pemdes dan komunitas hari ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. Sebab banyak dampak baik yang dihadirkan," ucapnya.


    Kehadiran ribuan pesepeda tidak hanya dari Yogyakarta, tapi Magelang, Surakarta, Banyumas, Purbalingga hingga Ngajuk memberi peluang ekonomi bagi para usaha kecil menengah. 


    Terlebih lagi, peringatan HUT Pemdes Gilangharjo ke-78 teryata memiliki bulan yang sama dengan HUT Kodja. Dimana tahun ini berusia 14.


    "Kami sangat berharap komunitas ini mampu mengajak komunitas lain berkunjung ke Gilangharjo. Sehingga wilayah kami lebih dikenal dan berdampak pada peningkatan ekonomi," tutupnya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close