-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Semakin Membaik, Bus Sekolah Bantul Bakal Diperluas dan Menggandeng Swasta

    05/09/24, 16:19 WIB Last Updated 2024-09-05T09:19:19Z

    Bantul, Kabar Jogja – Sejak dioperasikan pada Senin (19/8) lalu, bus sekolah yang dioperasikan Dinas Perhubungan Bantul diklaim semakin banyak diminati. Sebagai rintisan, program ini akan diperluas wilayah cakupannya dan terus berupaya menggandeng swasta.


    Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi saat dihubungi pada Kamis (5/9) menyatakan di awal pengoperasian, bus sekolah yang melayani para siswa dari beberapa kecamatan di Bantul barat sepi peminat.


    “Di hari-hari pertama cuma mengangkut lima siswa baik berangkat maupun pulang. Saat ini, setiap keberangkatan dan kepulangan, satu bus mengangkut 50 penumpang atau dua kali dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” jelasnya.


    Berangkat pukul 06.00 WIB dan mulai penjemputan pukul 14.00 WIB, dua bus sekolah sumbangan dari Kementerian Perhubungan ini melayani rute pengantaran dari Terminal Palbapang menuju SMP Negeri 1 Pandak, SMP Negeri 3 Pandak, SMK Cokroaminoto Pandak, SMP Negeri Pajangan dan SDN Sendangsari Pajangan, SMK Negeri 1 Pajangan, SDN Trucuk, SDN Sungapan, SDN Sukoharjo, SDN Krapyak dan berakhir di SDN 1 Sedayu.


    “Begitu juga dengan bus yang digunakan untuk penjemputan menempuh rute dari SD Negeri 1 Sedayu sampai Terminal Palbapang,” terang Singgih.


    Tingginya minat siswa menggunakan bus sekolah menurut Singgih akan menjadi perhatian dan data penting untuk pengembangan program ini kedepannya. Pasalnya berdasarkan kondisi ini, Dishub Bantul tengah mengkaji perluasan dan penambahan armada untuk melayani para siswa di Bantul sebelah timur.


    Singgih menyatakan saat ini pihaknya tengah mengajukan permohonan hibah bus sekolah lagi ke Kemenhub. Nantinya, jika dua bus usulan disetujui, maka akan diperuntukkan untuk melayani para siswa dari Dlingo, Imogiri, Pleret, bahkan Banguntapan.


    Tak hanya itu, sebagai upaya memperluas wilayah agar banyak siswa bisa menjangkau pelayanan bus sekolah. Dishub Bantul juga mencoba menggandeng pengelola transportasi swasta untuk bergabung. Mengenai konsep pembiayaan, saat ini dalam kajian mendalam.


    Keberadaan bus sekolah ini pada dasarnya menurut Singgih untuk mengurangi penggunaan kendaraan roda dua oleh siswa yang belum cukup umur sehingga mampu menekan angka kecelakaan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close