-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jaga Mutu Pelayanan Alkes, RSUD Panembahan Hadirkan PEMIKAT

    05/09/24, 16:01 WIB Last Updated 2024-09-05T09:01:51Z

    Bantul, Kabar Jogja - RSUD Panembahan Senopati Bantul resmi meluncurkan aplikasi ‘PEMIKAT’ sebagai upaya menjaga mutu pelayanan dan kinerja alat-alat kesehatan yang dipergunakan. Sebelum kehadiran aplikasi ini, data manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan terpisah di berbagai unit.


    Aplikasi PEMIKAT ini digagas  Kepala Bidang Penunjang Medik RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayuningsih.

    “Ini merupakan program pengembangan manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan terpadu yang meliputi kegiatan inventarisasi, pemeliharaan, pengujian, dan kalibrasi alat kesehatan,” kata Siti, Kamis (5/9) siang.


    Ia menjelaskan alasan hadirnya PEMIKAT selama ini selalu muncul ketidaksinkronan dan ketidakpaduan data dalam kegiatan pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan. Kondisi mengakibatkan belum optimalnya manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan.


    PEMIKAT nantinya akan menjadi bank data tentang kondisi alat-alat kesehatan yang dipergunakan, rekam jejaknya, periode perawatan, dan lain-lain sebagainya. Keterpaduan dan integrasi sistem manajemen pemeliharaan serta kalibrasi alat kesehatan, bermanfaat untuk Early Warning System (EWS).


    “Dimana peringatan dini ini akan memberitahu tentang kondisi terbaru penggunaan alat kesehatan. Sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan alat kesehatan dalam pelayanan kesehatan,” terangnya.


    Siti menyatakan PEMIKAT dirancang dalam tiga tahapan. Tahap jangka pendek  1 Agustus sampai dengan 28 September 2024 dilaksanakan pada dua unit pengampu yaitu Unit Peralatan Kesehatan dan Unit Aset serta tujuh instalasi/unit pengguna alat kesehatan.


    Tahap jangka menengah selama enam bulan berikutnya pada sepuluh instalasi/unit pengguna alat kesehatan. Terakhir adalah jangka panjang untuk dua belas bulan berikutnya pada duabelas instalasi/unit pengguna alat kesehatan.


    “Pengembangan dan integrasi aplikasi PEMIKAT dengan sistem informasi manajemen lainnya ada akhirnya meningkatkan akuntabilitas kinerja, mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di RSUD,” katanya.


    PEMIKAT sendiri diluncurkan Bupati Bantul pada 3 September 2024 serta langsung disosialisasikan kepada Bidang, Bagian, Instalasi/Unit pada hari berikutnya.


    Siti menyatakan di awal-awal pemanfaatan, banyak pihak yang menyatakan ingin memanfaatkan aplikasi dan dipersilahkan asalkan mendapatkan perijinan Dinas Kesehatan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close