-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Memperlambat Penuaan dan Penurunan Kognitif pada Usia 50 Tahun

    15/09/24, 11:27 WIB Last Updated 2024-09-15T04:27:08Z

     

    Kabar Jogja - Cara agar memperlambat penuaan dan penurunan kognitif pada usia 50 tahun ke atas bisa dengan berbagai langkah.


    Kepala Konsultan Kesehatan Mental dan Ilmu Perilaku, Rumah Sakit Artemis, Gurgaon, Dr. Rahul Chandhok mengatakan seiring bertambahnya usia, ingatan seseorang akan berangsur hilang dan mengalami penurunan kognitif.


    “Tapi dalam penelitian menyebut otak manusia bisa adaptasi dan berubah sepanjang hidup. Ini dikenal dengan konsep neuroplastisitas,” katanya, dilansir dari Hindustan Times.


    Sejumlah cara bisa dilakukan supaya menjaga pikiran tetap tajam dan mengurangi risiko menurunya kognitif.


    Cara tersebut yang pertama dalah terlibat secara sosial. Masukkan strategi ini ke dalam rutinitas harian.


    Supaya menjaga pikiran tetap tajam yakni dengan menjaga terhubung bersama orang lain. Misalnya dengan pertemuan, sehingga membantu meningkatkan suasana hati.


    Cara yang kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, supaya bisa mendeteksi dan mengelola kondisi yang disebabkan demensia.


    Sedangkan untuk cara ketiga adalah menjaga pikiran tetap terstimulasi, melalui membaca, bermain teka-teki. mempelajari keterampilan atau hobi baru agar pikiran tetap aktif dan tertantang.


    Sedangkan cara keempat adalah melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur supaya meminimalkan risiko terjadinya penurunan kognitif secara signifikan. Rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan yakni jalan-jalan sebenar di alam.


    Terakhir supaya bisa menjaga pikiran tetap tajam dan mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif yakni menjaga pola makan seimbang, cukup tidur, dan mengurangi stres. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close