-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bersikap Realistis, Muhammadiyah Putuskan Ambil Peran Membangun IKN

    18/09/24, 12:01 WIB Last Updated 2024-09-18T05:01:35Z

    Kabar Jogja - Meski menilai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih akan tetap mengundang kontroversi, namun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan bersikap realistis dan diamankan dalam konstitusi. Ini menjadi dasar Muhammadiyah turut serta membangun IKN.


    Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Rabu (18/9), menerangkan nasib IKN kedepannya tergantung dari berbagai faktor yang kompleks. Muhammadiyah menilai meskipun IKN masih mengundang kontroversi, namun telah menjadi realitas politik yang konstitusional.


    “Sebagai bentuk wujud berperan dalam kehidupan kebangsaan yang rasional, objektif, dan konstruktif. Muhammadiyah memanfaatkan peluang keberadaan dan pembangunan IKN dengan mengembangkan amal usaha yang selama ini menjadi konsen gerakan,” jelasnya.


    Muhammadiyah akan mengambil peran dalam membangun IKN yakni dengan membangun kantor sebagai pusat gerakan, sekaligus membangun lembaga pendidikan dan kesehatan di kawasan tersebut.


    “Tujuannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” tegas Haedar.


    Haedar juga menjelaskan Muhammadiyah disana telah memiliki Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) yang telah terakreditasi unggul dan memiliki Fakultas Kedokteran, bahkan saat ini telah menjadi Universitas swasta terbaik se-Kaltim dan se-Kaltara.


    “Berbagai amal usaha Muhammadiyah lain telah berkembang di Kalimantan Timur maupun di seluruh bumi Kalimantan. Maka menjadi kesatuan bilamana mengembangkan amal usaha pendidikan, kesehatan, ekonomi di kawasan IKN,” tegas Haedar.


    Tak hanya akan fokus pada pembangunan terkait infrastruktur, Haedar menilai faktor Sumber Daya Manusia (SDM) juga penting untuk dikelola dengan sebaik-baiknya. Mengingat indeks pembangunan manusia Indonesia masih tertinggal sehingga perlu digenjot dan ditingkatkan.


    “Muhammadiyah akan terus berkomitmen menghadirkan SDM yang berkarakter akhlak mulia dan menguasai saintek. Kuncinya dengan terus mengembangkan pendidikan dan kesehatan,” jelas Haedar.


    Muhammadiyah sendiri telah mengagendakan langkah-langkah strategis ke depan untuk bidang sumber daya manusia. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close