-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Belum Sebulan Beroperasi, Program PANGKAS Bantul Diperluas

    17/09/24, 14:00 WIB Last Updated 2024-09-17T07:00:12Z

    Bantul, Kabar Jogja – Belum genap sebulan beroperasi, program Pelayanan Angkutan Anak Sekolah (PANGKAS) akan diperluas Pemkab merambah Bantul bagian tengah dan timur. Saat ini, dua bus sekolah program Pangkas melayani Bantul barat.


    Dihadirkan pada 19 Agustus lalu, bus Pangkas resmi diluncurkan oleh Dinas Perhubungan bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang ke-53 di Lapangan Trirenggo, Bantul.


    Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi menerangkan di awal-awal beroperasinya, bus sekolah yang dijadwalkan melayani rute-rute sekolah di kecamatan Pandak, Pajangan, dan Sedayu belum banyak diketahui masyarakat serta sekolah.


    “Dari evaluasi program, awal-awal keberadaan armada bus ini kurang diketahui masyarakat dan sekolah. Di minggu pertama beroperasi, kita kebut sosialisasi agar bus sekolah ini bisa dimanfaatkan,” katanya, Selasa (17/9).


    Hasilnya, saat ini dua bus yang beroperasi dengan masing-masing 25 tempat duduk selalu terisi penuh hingga dua kali lipat kapasitasnya. Dishub Bantul menyediakan bus untuk berangkat dan pulang sekolah.


    Pangkas sendiri menurut Singgih merupakan gerakan yang diluncurkan Pemkab Bantul untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan banyaknya siswa yang menggunakan kendaraan roda dua.


    “Program ini juga untuk melatih kedisiplinan waktu bagi pelajar dengan mematuhi jam-jam keberangkatan serta penjemputan. Pelajar tidak kita kenakan biaya agar mereka bisa merasakan bagaimana manfaat naik angkutan umum,” lanjut Singgih.


    Secara keseluruhan, Singgih menyatakan sepengetahuan Bupati Abdul Halim Muslih saat ini jajarannya tengah menyusun rute yang bisa dilewati bus sekolah di Bantul tengah dan timur. Rute-rute yang nanti dipilih berdasarkan jumlah banyaknya sekolah dan tidak mengganggu rute moda transportasi swasta.


    Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memastikan pihaknya sudah merencanakan akan menambah armada bus sekolah. Menurutnya akan banyak kajian untuk menentukan titik kumpul di tiap kecamatan.


    “Kita lakukan kajian bagaimana bis sekolah ini bisa melayani anak-anak kita secara efektif. Tentu kita prioritaskan keberangkatan anak-anak itu yang jauh dari sekolah atau lokasi yang jauh aksesnya,” ucap Halim.


    Kehadiran bus sekolah ini menurut juga sebagai upaya menjadikan transportasi massal untuk mewujudkan konektivitas antar warga sehingga terjadi penguatan integrasi antar masyarakat.


    Dirinya juga meyakini sektor transportasi juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Transportasi menurutnya bukan hanya kendaraan saja, tetapi lebih luas hingga kepada infrastruktur dan turunannya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close