-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tak Ada Anak Putus Sekolah, Bantul Raih Prestasi di Anugerah Merdeka Belajar

    07/07/24, 10:59 WIB Last Updated 2024-07-07T03:59:26Z

    Bantul, Kabar Jogja – Komitmen Bantul memastikan tidak ada anak yang putus sekolah karena alasan ekonomi membuahkan hasil. Tiga penghargaan bergengsi di Anugerah Merdeka Belajar, Jumat (5/7) malam berhasil dibawa pulang.


    Berlangsung di Jakarta Convention Center, Bupati Abdul Halim Muslih memperoleh tiga penghargaan dari  Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim.


    Ketiga penghargaan tersebut yakni AMB kategori Pengelola Program Indonesia Pintar (PIP), kategori Transformasi Anggaran Pendidikan dan kategori Utama Kelompok Pemda Transformatif.


    “Keberhasilan mengelola PIP membantu siswa dari keluarga kurang mampu agar tetap dapat melanjutkan pendidikan,” katanya dalam rilis, Sabtu (6/7).


    Bantul dinilai menunjukkan komitmen tinggi dalam mendistribusikan bantuan secara tepat sasaran dan efektif, Keberhasilan ini mencerminkan kerja keras seluruh jajaran pemerintah daerah serta koordinasi yang baik dengan sekolah-sekolah di wilayah Bantul.


    Pada kategori Transformasi Anggaran Pendidikan, Bantul mampu melakukan perubahan signifikan dalam pengelolaan anggaran pendidikan. Dengan pemanfaatan anggaran yang lebih efektif dan efisien, Bantul berhasil meningkatkan kualitas pendidikan tanpa adanya pemborosan.


    Transformasi ini juga melibatkan penggunaan teknologi dalam pengelolaan anggaran, yang mempermudah proses monitoring dan evaluasi.


    Sedangkan di penghargaan kategori Utama Kelompok Pemerintah Daerah Transformatif, Bantul diberikan apresiasi atas inovasi dan langkah-langkah strategis yang diambil dalam sektor pendidikan.


    Tidak hanya fokus pada peningkatan fasilitas fisik, tetapi juga pada peningkatan kualitas tenaga pendidik dan pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman. Upaya ini sejalan dengan visi Merdeka Belajar.


    Secara keseluruhan Bantul mampu dinilai mampu mencapai indikator utama yang menjadi penilaian Kemendikbud Ristek adalah menyangkut pemenuhan alokasi penganggaran dalam APBD murni dan alokasi pemenuhan Surat Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Pendidikan.


    Halim menegaskan keberhasilan meraih anugerah ini menunjukkan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara guru, orang tua, wakil rakyat, dan masyarakat.


    "Ini akan terus kita lanjutkan, bagaimana kualitas pendidikan di Kabupaten Bantul ini, bisa terus kita tingkatkan," ungkap Halim.


    Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan Anugerah Merdeka Belajar.


    Dikatakannya karakteristik Sekolah Merdeka Belajar yakni, pembelajaran berpusat pada peserta didik, sekolah diharapkan memiliki iklim inklusif, aman dan kebhinekaan, guru gemar belajar dan berkolaborasi, serta kepala sekolah mengedepankan perkembangan satuan pendidikan yang berkelanjutan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close