-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Di Bantul Expo, Pemkab Buka Bursa Kerja Untuk Anak Muda

    16/07/24, 15:19 WIB Last Updated 2024-07-16T08:19:13Z


    Bantul, Kabar Jogja – Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMPP) Bantul menghadirkan inovasi untuk menyedot pengunjung dalam gelaran Bantul Expo Creative (BEC) 2024. Selama dua hari, akan digelar bursa tenaga kerja yang melibatkan sebelas perusahaan besar.

    Plt Kepala Dinas KUKMPP Fenty Yusdayanti dalam jumpa pers Selasa (16/7) siang menerangkan BEC tahun ini akan diselenggarakan selama 11 hari mulai 25 Juli sampai 4 Agustus di kawasan Pasar Seni Gabusan (PSG). Tema yang dipilih tahun ini adalah ‘Kreativitas Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan’.

     “BEC merupakan even tahunan yang merupakan rangkaian hari jadi Bantul yang tahun ini berusia ke-193,” jelasnya.

    Sama seperti gelaran sebelumnya, BEC diselenggarakan sebagai upaya Pemkab Bantul melindungi, memperdayakan dan memajukan UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal. Diharapkan melalui BEC ini terjadi peningkatan kreatifitas, inovasi, dan promosi baik tingkat regional, nasional dan  internasional.

    Fenty menyatakan selama gelaran akan terdapat 291 stand yang berisikan 101 yang diperuntukkan untuk organisasi perangkat daerah seperti dinas-dinas, kecamatan, UKM binaan dan perbankan daerah. Stand-stand ini nantinya akan ditempatkan di bagian depan.

    Sedangkan sisanya, sebanyak 190 terdiri dari berbagai stand yang menyajikan berbagai produk-produk kerajinan, makanan, minuman, fesyen, barang-barang kebutuhan rumah tangga, produk-produk herbal dan kuliner.

    “Selama gelaran BEC kita juga menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan ekonomi kreatif, kewirausahaan, pemasaran online, ketenagakerjaan dan pengolahan sampah,” jelas Fenty.

    Selain itu, selama dua hari yaitu pada 26-27 Juli digelar bursa kerja yang melibatkan sebelas perusahaan di bidang retail, pertambangan, finance dan penempatan luar negeri yang menawarkan dua ribu lowongan.

    “Kebaruan yang kita hadirkan di BEC tahun ini gelaran diskon besar-besaran kerajinan dan mebel sisa ekspor serta festival kopi kuliner,” jelasnya.

    Mengusung ikon burung kayu yang siap terbang dengan sayap batik ini, BEC 2024 diharapkan menjadi daya tarik bagi investor maupun UKM dalam mengembangkan (PSG). BEC 2024 juga sebagai bagian mendukung Bantul menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia (UCCN) yang ditargetkan dipenuhi 2025.

    Dinas KUKMPP sendiri menargetkan jumlah pengunjung akan menembus angka 130.000 orang dengan omzet total Rp2,5 miliar. Pada gelaran BEC 2023, tercatat 128.972 orang berkunjung dengan raihan omzet  Rp2,4 miliar.

    “Semoga inovasi dan kebaruan yang kami hadirkan di BEC 2024 ini menarik semua kalangan dari skala umur dan ekonomi untuk berkunjung,” tutup Fenty. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close