-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemenang Festival Dalang Anak, Bakal Wakili Kota Yogyakarta di DIY

    29/05/24, 20:02 WIB Last Updated 2024-05-29T13:02:52Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Dalang cilik Ivo Lanta Sang Kesawa, dari Kecamatan Umbulharjo menjadi dalang terbaik dalam Festival Dalang Anak yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Selasa (28/5) malam di nDalem Ngabean. Ivo menyisihkan enam dalang cilik lainnya yang dinyatakan lolos seleksi untuk Festival Dalang Anak 2024.


    Dalam Festival Dalang Anak, Ivo membawa lakon ‘Sengana Duta’. Atas prestasi ini, Ivo nantinya akan menjadi wakil Kota Yogyakarta dalam festival serupa tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Kepala Disbud Kota Yogyakarta, Yetti Martanti selain Ivo enam dalang cilik lainnya yang lolos seleksi yaitu Keefe Juris Privian dari Kecamatan Pakualaman, Alfariel Augusto Wijonarko (Pakualaman), Elia Jalu Langit Biru (Jetis), Arjuna Putra Harianto (Kotagede), Rafael Windrasto Satrio Adhi (Mantrijeron) dan  Pramunditya Ahimsa Untoro (Jetis).


    “Seleksi awal dimulai dari pengiriman rekaman video mendalang sesuai persyaratan yang ditentukan panitia. Dengan batas usia 8-15 tahun, mereka juga diminta mencantumkan tayangan video yang sudah diunggah di Youtube,” kata Yetti, Rabu (29/5).


    Festival Dalang Anak rutin digelar dengan tujuan regenerasi seniman dalang di masa yang akan datang.   Ajang ini digelar Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kota Yogyakarta.


    “Kami terus berkomitmen terus memfasilitasi pengembangan hasil cipta, rasa, dan karya seni pedalangan. Ini menjadi ruang berekspresi bagi anak-anak Kota Yogyakarta yang memiliki potensi dan minat terhadap kesenian ini,” lanjutnya.


    Dewan juri dari PEPADI yang terdiri dari Giyatno, Fani Rickyansyah, dan Bayu Aji Nugroho menetapkan Ivo Lanta Sang Kesawa meraih juara I. Kemudian Rafael Windrasto Satrio Adhi juara II. Juara III diraih oleh Keefe Juris Privian, disusul Alfariel Augusto Wijonarko menempati juara IV atau harapan I.


    Sementara Pramunditya Ahimsa Utoro di posisi kelima atau harapan II, dan Arjuna Putra Harianto berada di posisi keenam atau harapan III. Peserta termuda dari Festival Dalang tahun ini, Elia Jalu Langit Biru keluar sebagai peraih harapan IV.


    Pramunditya Ahimsa Untoro, menyebut dirinya senang dan bangga bisa lolos dalam kompetisi seleksi dalang anak ini. Terlebih berhasil menjadi pemenang harapan II.


    “Bangga rasanya bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Disbud Kota Yogyakarta. Saya turut salut pada teman-teman yang sudah melestarikan budaya Jawa,” katanya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close