-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dimulai Dari Watu Gagak, Polda Tanam 11 Ribu Pohon se-DIY

    23/08/23, 12:04 WIB Last Updated 2023-08-23T05:04:08Z

    Bantul, Kabar Jogja - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan penanaman 11 ribu pohon di berbagai kawasan tandus se-Yogyakarta.


    Gerakan penanaman ini dimulai dengan penanaman pohon di obyek wisata Bukit Watu Gagak, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Rabu (23/8) pagi.


    Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menyatakan aksi penanaman ini merupakan rangkaian dari program Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini.


    "Ini merupakan program serentak yang dikoordinir dan diperintahkan oleh Mabes Polri untuk seluruh jajaran polri guna melaksanakan kegiatan penanaman pohon," kata Kapolda.


    Kapolda DIY mengatakan, penanaman pohon dalam  tersebut bertujuan untuk melestarikan dan menghijaukan wilayah yang menjadi sasaran lokasi penanaman di masing masing daerah.


    "Sehingga situasi dalam perubahan iklim ini kita tetap dalam kondisi suhu yang sesuai dengan kondisi masyarakat atau kondisi cuaca saat ini," kata Kapolda.


    Dia menyebutkan, untuk di wilayah hukum Polda DIY, Polri menanam sebanyak 11 ribu bibit pohon, yang semua jenis pohon keras karena memiliki fungsi diantaranya mencegah longsor.


    "Pohon keras artinya pohon yang ditanam di perbukitan-perbukitan untuk menunda atau mencegah terjadinya longsor, sehingga pohon pohon seperti pohon mangga, pohon sirsak yang punya akar akar yang bisa menahan," katanya.


    Kapolda DIY mengatakan, untuk mendukung pemecahan rekor tersebut, Polda DIY menanam sebanyak 11.375 bibit pohon.


    "Ini dari berbagai varian pohon yang memiliki akar kuat ya, mulai dari sirsak, pucuk merah, bungur, gayam, beringin, mahoni dan lain sebagainya," jelasnya.


    Kapolda memastikan nantinya di wilayah yang ketahui itu pohonnya atau tidak terdapat pohonnya yang berpotensi longsor menjadi target. Diharapkan pohon yang ditanam memberikan kemampuan untuk menahan tanah dan juga air yang ada di dalam bumi.


    Kapolda mengatakan, tujuan dari penanaman pohon program Polri ini tidak hanya untuk waktu singkat, tetapi bersifat jangka panjang dalam upaya menjaga lingkungan yang tetap hijau dan asri.


    Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyebut program penanaman ini merupakan salah satu bentuk mengisi kemerdekaan ke-78 RI.


    Polda DIY ikut mendukung inisiasi Polri dalam pemecahan Rekor MURI penanaman pohon terbanyak secara serentak.


    Total ada 21 juta pohon yang hari ini ditanam oleh Polri di berbagai wilayah di Indonesia. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close